PENGANTIN WANITA



 


Tata rias wajah pengantin Sunda Putri sebagai besar menggunakan warna-warna kuning. Seperti halnya pengantin-pengantin yang ada di Pulau Jawa, kegiatan merawat kecantikan mulai dari lulur, mangir, ratus untuk rambut, mandi rempah dan minum jamu selalu dilakukan oleh calon pengantin Sunda.
Di bagian wajah, pengantin wanita menggunakan bedak berwarna kuning. Biasanya pengantin wanita Sunda menggunakan pemerah pipi dengan warna merah muda samar-samar dan lipstik berwarna cerah. Yang terpenting adalah daun sirih berbentuk wajik. Ini menjadi ciri khas pengantin Sunda. Daun sirih dikenakan di kening pengantin wanita sebagai symbol penolak bala.
Pengantin wanita juga mengenakan sanggul yang disebut sanggul Puspa Sari. Ada beberapa hiasan penting penghias sanggul yaitu 6 buah Kembang Tanjung dan 7 buah kembang goyang. Pengantin wanita Sunda Putri mengenakan ronce bunga yang terdiri dari Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, Panetep, Mayangsari yang terbuat dari bunga sedap malam. Sebagai pelengkap adalah giwang atau subang.
PENGANTIN PRIA
Untuk pengantin pria tidak banyak mengenakan aksesori. Pengantin pria hanya mengenakan blankon yang dihiasi semacam perhiasan sebagai pelengkap blankon. Kendati demikian, pengantin pria tetap terlihat gagah meski tak banyak aksesori yang dikenakan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...