Make-up Sanitary

Tidak hanya penata rias profesional saja yang harus menjaga perkakas make-up, kita juga. Berikan perawatan muka terbaik dengan memperhatikan kebersihan perkakas cantik kita.


Pekerjaan kadang menuntut kita untuk selalu bisa berpenampilan cantik dengan make-up. Hal ini membuat merias wajah bukan lagi sebagai kebutuhan, tapi sebagai keperluan. Pertanyaan saya, apakah Anda memperhatikan kebersihan peralatan make-up Anda?
Sebagian besar mungkin akan menjawab, tidak. Suatu pemahaman yang salah, ketika kita tidak “berbagi” dengan orang lain artinya peralatan make-up dalam keadaan yang bersih. Beberapa tip berikut akan memberikan petunjuk perawatan make-up dan perkakasnya agar bersih dan aman digunakan.
1.    Jangan memasukkan jari ke dalam foundation, krim mata atau krim pelembab. Jika berbentuk tube, kita bisa menaruh sedikit ke atas jari dan mengaplikasikannya ke wajah kita. Sedangkan jika ada tempatnya, menggunakan spatula bersih bisa membantu produk kecantikan kita dari kontaminasi. Hal ini juga dapat membuat  foundation tahan lebih lama, karena memasukkan jari sama saja kita sedang mentransfer bakteri yang akan membuat make-up kita menjadi lebih cepat rusak.
2.    Meruncingkan pensil mata. Banyak orang menunggu sampai pensil mata mereka menjadi tumpul terlebih dahulu sebelum menajamkannya kembali. Walupun akan mengakibatkan pensil mata lebih cepat habis, tetapi ini akan membantu untuk menghindari sakit mata (mata merah). Dan pada kenyataanya, memang kita tetap harus menajamkannya lagi, bukan?
3.    Ingat masa berlakunya. Jarang menggunakan menjadi alasan umum kita menggunakan satu maskara hingga satu tahun. Maskara jika sudah dibuka, hanya bisa bertahan kira-kira 3-6 bulan saja, tidak tergantung seberapa sering kita menggunakannya. Buang produk, jika mereka sudah mengeluarkan bau yang tidak sama seperti waktu pertama kali kita membeli.
4.    Rendam perkakas cantik kita dalam alkohol. Pencabut alis dan gunting kuku harus direndam dalam alkohol 70% sebelum dan sebelum penggunaan. Sering kita terluka karena alat-alat tadi, walaupun kecil tapi tetap bisa menimbulkan infeksi.
5.    Taruh di tempat yang sejuk. Jangan menaruh peralatan make-up dekat jendela di bawah paparan sinar matahari. Panas akan mepercepat pertumbuhan bakteri dan membuat make-up tidak tahan lama.
6.    Rutinlah mengganti spons bedak. Selain murah, spons bisa kita bisa temukan dimana saja. Menggunakan spons bedak secara berulang-ulang akan merusak kulit muka kita, sperti berjerawat. Jika mau mendukung program “Go Green”, pilihlah brush atau powder puff untuk menggantikan spons.
7.    Bersihkan brush secara berkala. Bakteri dapat tumbuh dimana saja, jadi cucilah brush seminggu sekali. Brush yang digunakan untuk bahan-bahan basah seperti, foundation, concealer dan lipstik harus dibersihkan setiap hari. Ada 3 cara membersihkan: dengan pembersih khusus brush, merendam dalam alkohol 70%, atau mencucinya dengan sabun lalu diamkan hingga kering

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...